Hari Batik Nasional (2 Oktober ?)

Posted on October 6th, 2009 in Ma' News by taufiq

batik.gif

2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Pengukuhan itu dilakukan di Perancis pada tanggal 2 Oktober pukul 16:00 waktu setempat atau pukul 20:00 WIB.

Sebanyak 111 dari total 160 negara anggota UNESCO telah mengajukan salah satu budayanya untuk dikukuhkan sebagai ICH (International Cultural Heritage) pada tahun 2009 ini. Batik Indonesia adalah salah satu budaya yang terunggul untuk menjadi warisan budaya dunia bukan benda.

Batik menjadi Warisan Budaya Dunia (World Heritage) ketiga bagi Indonesia yang terdaftar dalam Intangible Heritage of Humanity UNESCO, setelah Wayang (2005) dan Keris (2003). Didaftarkan berikutnya adalah Gamelan dan Angklung.

Ada banyak bentuk dukungan untuk hari pengukuhan itu. Mulai dari anak sekolah yang dihimbau untuk mengenakan batik oleh Dinas Pendidikan, pegawai bar dan hotel yang juga diberikan himbauan serupa oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Juga himbauan kepada pegawai pemerintah maupun non pemerintah untuk mengenakan batik pada hari itu. Tidak ada sanksi bagi mereka yang tidak melaksanakan untuk mengenakan pakaian batik pada hari itu, karena ini bentuknya hanya berupa himbauan.

Namun demikian patutlah kita berbangga hati, bahwa makin banyak kekayaan warisan Indonesia yang telah diakui oleh dunia dengan tujuan agar tak lagi diklaim oleh negara yang kini ‘rajin’ membajak budaya Indonesia, malaysia yang saat ini telah mulai mengincar menu makanan Indonesia (Rendang) untuk dijadikan sasaran pembajakan berikutnya.

Mari dukung hari pengukuhan Batik oleh PBB itu dengan mengenakan pakaian batik pada setiap tanggal 2 Oktober, dan alangkah lebih menghargai bila pada tanggal 2 Oktober kita jadikan momentum sebagai Hari Batik Nasional.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.