Memilih FlashDisk

Posted on September 23rd, 2009 in KompuTips by taufiq

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan perangkat penyimpan data yang satu ini. FlashDisk, kini sudah menjadi komoditi penting bagi banyak orang, khususnya para pekerja kantoran. Meskipun bentuknya kecil, namun memiliki fungsi yang amat besar untuk menyimpan data-data penting, foto, lagu ataupun film. Karena itu ada baiknya bila Anda lebih cermat dalam memilihnya. Terdapat beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih jenis FlashDisk, berikut ini diantaranya :

  1. Kapasitas. Pilihlah FlashDisk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menyimpan data. Semakin besar kebutuhan data yang perlu disimpan maka FlashDisk yang Anda butuhkan adalah yang berkapasitas besar pula. Karena tidak akan efektif bila Anda harus membeli FlashDisk berulang kali karena kapasitasnya yang kurang.

  2. Kecepatan. Kapasitas FlashDisk yang semakin besar, otomatis harus didukung dengan kecepatan transfer yang tinggi pula untuk memudahkan pemindahan data. Sebagai rekomendasi, pilihlah High Speed USB 2.0.

  3. Garansi. Masa pemakaian FlashDisk rata-rata berkisar 2-3 tahun, karena itu pastikan Anda memilih FlashDisk yang memiliki garansi.

  4. Desain. Saat ini tersedia beragam macam merk FlashDisk dengan desain-desain menarik. Pilihlah desain FlashDisk yang sesuai dengan selera Anda. Namun jangan lupa pula untuk memperhatikan faktor kelengkapan aksesoris yang ditawarkan seperti tali gantungan, penutup FlashDisk dan kabel data.

  5. Keamanan. Pilihlah FlashDisk yang memiliki chip pengontrol dalam setiap unitnya. Chip pengontrol ini akan memungkinkan Anda untuk menginstall FlashDisk dengan berbagai macam software portable, seperti security software dan file synchronization.

Semoga bermanfaat.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.