Blog dukung Unair di Webometrics

Posted on January 28th, 2009 in Tekno Area by taufiq

Webometrics 2009Akhir-akhir ini kita sering mendengar bahwa pemeringkatan perguruan tinggi dunia bisa diketahui melalui Webometrics. Apa sih webometrics itu ?. Berikut ini, saya mencoba memberi pengenalan sedikit tentang webometrics yang saat ini banyak mendapatkan perhatian khusus dari kalangan perguruan tinggi.

Webometrics merupakan hasil karya Cybermetrics Lab, atau sebuah kelompok penelitian bagian dari National Research Council (CSIC) dari Spanyol yang mempublikasikan rangking universitas-universitas seluruh dunia setiap enam bulan sekali (Januari dan Juli) dalam situs yang beralamat di www.webometrics.info

Penentuan perangkingan universitas dunia oleh Webometrics berdasar beberapa faktor, diantaranya adalah :

  • Visibility (V) : banyaknya tautan (link) eksternal atau  dalam artian jumlah situs lain yang mengirimkan link menunjuk ke situs yang bersangkutan. Visibility bukan berarti hit, tapi jumlah total link yang dibuat oleh situs lain yang menunjuk ke sebuah situs. Blog pun kalau disyaratkan mencantumkan web-link perguruan tinggi, akan bisa berpengaruh pula terhadap peringkat perguruan tinggi yang memfasilitasi blog tersebut.
  • Size (S) : adalah jumlah halaman yang ditemukan di empat mesin pencari (search engine), seperti : Google, Yahoo, Live Search, dan Exalead.
  • Rich File (R) : adalah volume atau jumlah file yang ditemukan dalam situs perguruan tinggi dengan format berupa file PDF (Adobe Acrobat Reader), PS (PostScript), DOC (Microsoft Word), & PPT (PowerPoint).
  • Scholar (Sc) : adalah jumlah tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan yang bersifat akademis lainnya. Sc ini diambil dari Google Scholar.

Dari beberapa faktor tersebut, ada satu faktor (Visibility) yang bisa kita optimalkan sebagai salah satu bentuk kontribusi blogers Unair untuk mendukung peringkat Web Unair ke posisi yang lebih tinggi. Satu bentuk dukungan kita itu adalah minimal dengan mencantumkan alamat situs unair atau Unair web-link (www.unair.ac.id) pada fasilitas Blogroll atau Link yang tersedia di dalam blog hasil karya kita.

Untuk itu, melalui posting-an ini, saya mengajak kepada seluruh kreator blog yang tergabung dalam blog.unair.ac.id, dan di domain blog manapun, mari bersama kita bantu peningkatan posisi Unair dalam Webometrics dengan mencantumkan link www.unair.ac.id di dalam blogroll atau menu link pada blog pribadi atau institusi masing-masing mulai dari sekarang.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.