Tetap Sehat Berkomputer

Posted on October 14th, 2008 in KompuTips by taufiq

Berlama-lama atau bekerja seharian di depan komputer kerap membuat pergelangan tangan, bahu dan punggung terasa pegal. Belum lagi serangan sakit kepala yang datangnya tiba-tiba. Akibatnya, pekerjaan justru menjadi tertunda  bahkan terbengkalai.

Nah, untuk menghindari cedera atau sakit akibat berkomputer, simak tips berikut :

  • Sesuaikan tinggi kursi agar telapak kaki bisa tegak menapak lantai, tidak menggantung atau menekuk.

  • Sandarkan punggung bagian bawah dan tengah ke sandaran kursi secara tegak lurus. Sesuaikan tinggi sandaran kursi, sehingga punggung bisa nyaman menempel pada sandaran kursi.

  • Letakkan keyboard atau mouse pada jarak yang netral, tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari tubuh. Posisi ini perlu dilakukan agar pergelangan dan lengan tetap nyaman.

  • Letakkan monitor kira-kira sejauh jangkauan lengan. Bagian monitor yang paling sering Anda lihat sebaiknya setinggi mata atau 20 derajat ke arah bawah.

  • Usahakan untuk mengistirahatkan otot setiap beberapa menit dengan cara melakukan peregangan. Cara ini juga membuat otot-otot di tubuh Anda tidak kaku.

Semoga Bermanfaat.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.