Mengundurkan Diri dari Pekerjaan

Posted on October 7th, 2008 in beLife by taufiq

Setelah melalui pertimbangan matang, Anda memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja selama ini. Namun, resign bukan berarti Anda bebas dan bisa bersikap seenaknya. Sebab masih banyak yang harus Anda selesaikan.  Ibaratnya, jika dulu Anda masuk kerja dengan baik-baik, maka saat akan keluar pun juga harus dengan cara baik-baik.

Apapun alasannya, pastikan Anda tetap meninggalkan kesan baik pada atasan juga rekan kerja.  Bagaimana caranya?

  • Sebelum Anda memberitahukan rekan kerja Anda. Usahakan agar atasan Anda tahu lebih dulu berita pengunduran diri Anda. Informasikan pemberitahuan pengunduran diri Anda 2 minggu atau 1 bulan sebelumnya (tergantung kebijakan kantor Anda).

  • Tetap low profile. Jika Anda mendapatkan penawaran yang lebih baik, tidak perlu Anda harus menceritakannya ke semua orang.

  • Meski alasan Anda keluar karena orang-orang di kantor, tetap perlihatkan bahwa Anda memang menyesal harus meninggalkan mereka.

  • Tetap mengerjakan tanggung jawab Anda. Ingat Anda tetap harus menyelesaikan tanggung jawab sampai hari kerja terakhir Anda.

  • Lihat apa yang sudah Anda capai di catatan pegawai. Apakah itu uang lembur yang belum dibayarkan atau cuti yang belum sempat terpakai. Anda berhak untuk memintanya.

  • Mengatur file-file, sebab serah terima pekerjaan pasti terjadi, entah kepada rekan Anda atau orang yang menggantikan Anda. Usahakan untuk menyimpan semua file atau materi pekerjaan Anda dengan rapi. Sehingga mereka bisa meneruskan pekerjaan Anda tanpa harus menghubungi Anda di kantor yang baru.

  • Jika sudah ada orang yang menggantikan Anda, sebaiknya training dia dulu dengan baik.

  • Jangan pernah mengambil sesuatu yang bukan milik Anda. Termasuk di dalamnya adalah: Alat tulis kantor, atau data-data penting lainnya.

  • Menjalin hubungan baik dengan kantor lama sangat disarankan. Siapa tahu kelak Anda akan membutuhkan bantuan dari teman-teman di kantor lama. Atau mungkin pekerjaan di kantor baru ternyata tidak seperti yang Anda harapkan sehingga Anda ingin kembali ke kantor lama.

  • Jika rekan kerja meminta Anda untuk mengadakan farewell party, mengapa tidak? Artinya mereka menyukai Anda dan menyayangkan kepergian Anda.

Semoga bermanfaat.

One Response to 'Mengundurkan Diri dari Pekerjaan'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Mengundurkan Diri dari Pekerjaan'.

  1. Dripa Dripa said,

    on October 7th, 2008 at 8:42 pm

    Good article.
    Kebetulan saya punya cukup pengalaman tentang ini. Saya pikir tulisan ini sangat relevan. Walau dalam kehidupan nyata, ternyata jauh lebih rumit dengan berbagai faktor yang saling mempengaruhi secara simultan.

    Semoga tulisan Saudara Taufiq ini dapat menjadi salah satu arahan bagi yang membutuhkan, amin.

    Jazakumullah.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.