Makna Zakat

Posted on September 17th, 2008 in IslaMy by taufiq

Berikut ini adalah 4 (empat) makna zakat berdasar variasi bahasa yaitu :

  1. AZZAKAH, artinya BERSIH. Ini mengandung pengertian bahwa orang yang telah menunaikan zakat berarti ia telah membersihkan hartanya dari kotoran yang melekat padanya.
  2. AZZIYADAH, artinya BERTAMBAH. Kata ini mengandung pengertian bahwa orang yang menunaikan zakat dengan ikhlas, akan bertambah atau berlipat rizkinya, baik barokah maupun nominalnya.
  3. ASSHODAQOH, artinya SUBUR. Pengertian yang dikandungnya adalah bahwa orang yang mengeluarkan zakat atau shodaqoh akan bertambah subur rizkinya, tidak akan layu, kering, bahkan tak akan mati.
  4. ANNAMA, artinya BERKEMBANG. Arti yang terkandung pada kata ini adalah bahwa orang yang mengeluarkan zakat atau shodaqoh untuk Islam, maka rizkinya akan selalu berkembang, tak akan surut apalagi bangkrut.

Seperti firman Allah swt :

  • “Bahwa pungutlah zakat dari harta mereka yang akan membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At Taubah : 103)
  • “Dan orang-orang mu’min itu baik laki-laki maupun perempuan sebagian menjadi pemimpin (pelindung), yang saling menyuruh berbuat kebaikan dan melarang berbuat keburukan, mendirikan sholat dan membayar zakat, serta mentaati Allah dan RasulNya, mereka itulah yang akan memperoleh karunia dari Allah” (QS. At Taubah : 7)

Post a comment

You must be logged in to post a comment.