Bahaya Telepon Sambil Mengemudi

Posted on September 1st, 2008 in Ma' News by taufiq

Makin banyak saja kasus kecelakaan fatal terjadi karena konsentrasi pengemudi terganggu saat mengutak-atik ponsel. Namun meski tahu bahayanya, tetap banyak orang yang nekat melakukannya.

Di negara bagian New South Wales, Australia, polisi memergoki 20.000 orang berkendara sembari menggunakan ponsel dalam waktu 6 bulan. Padahal berdasarkan data yang ada, pihak divisi kecelakaan lalu lintas kepolisian New South Wales menyatakan ponsel saat ini jadi ‘tersangka’ utama penyebab kecelakaan yang terjadi karena kurangnya konsentrasi.

John Hartley, Chief Superintendent di kepolisian New South Wales bersaksi mengungkap fatalnya sebuah kecelakaan yang disebabkan pemakaian ponsel.

“Aku mengikuti seorang remaja wanita yang mobilnya tiba-tiba berbelok tanpa alasan dan kemudian menabrak truk. Dia tewas seketika saat sedang mengutak-atik ponselnya,” katanya seperti dilansir AustralianIT.

Bahkan sang polisi juga mengungkap banyaknya pendapat yang mengatakan bahwa memakai ponsel saat mengemudi sama buruknya dengan mabuk …saat berkendara. Bahkan ia mengklaim, efeknya bisa jadi lebih buruk.

“Sudah pasti jika kami menginvestigasi kecelakaan fatal yang disebabkan karena kurangnya konsentrasi, ponsel adalah tersangka utamanya,” paparnya.

Memang lama ditengarai pemakaian ponsel saat berkendara berpotensi menimbulkan kecelakaan. Bahkan menurut akademisi di Monash University’s Accident Research Centre, pemakaian handsfree dinyatakan tak banyak menolong. Untuk itu, makin banyak peraturan yang melarang pemakaian ponsel saat mengemudi termasuk yang sedang dibahas di Indonesia.

sumber: detikinet.com

Post a comment

You must be logged in to post a comment.