Aksi yang Sempurnakan Puasa

Posted on September 1st, 2008 in IslaMy by taufiq

Ada beberapa aksi atau tindakan nyata yang insya’ Allah menjadikan puasa Ramadhan kita lebih sempurna, adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan Makan Sahur, “Bersahur itu berkah, maka janganlah kamu tinggalkan, walau seorang diantara kamu itu akan mereguk air. Karena Allah dan malaikat-Nya akan mengucapkan sholawat kepada orang-orang yang bersahur.” (HR. Ahmad)
  2. Bersegera Berbuka Puasa, berbuka puasa yang lebih baik adalah berbuka dengan makan buah-buahan yang manis seperti kurma, pisang, dll. “Rasulullah saw biasa berbuka dengan beberapa buah kurma sebelum shalat. Jika tidak ada, maka dengan kurma-kurma kering. Jika tidak ada pula, maka direguknya beberapa reguk air.” (HR. Abu Daud).
  3. Memperbanyak Membaca Al Qur’an, Ramadhan adalah Syahrur Qur’an, atau Bulan Al Qur’an, oleh karena itu dianjurkan untuk banyak membaca, menelaah, mempelajari, dan memahami kandungan Al Qur’an di bulan Ramadhan.
  4. Memperbanyak Sedekah, Rasulullah bersabda : “Sedekah yang paling utama adalah sedekah yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan” (HR. Turmudzi).
  5. Qiyamul Lail, yaitu shalat sunnah minimal sebanyak sebelas rakaat (termasuk shalat witir), bisa dilakukan dengan berjamaah atau sendiri-sendiri, boleh di masjid, di rumah, ataupun di tempat-tempat lain yang memungkinkan. “Dan pada sebagian malam hari, shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Allah swt mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’ : 79)
  6. Melakukan I’tikaf, “Bahwa Nabi Muhammad saw biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, hingga beliau wafat, kemudian sesudah (wafat)nya, isteri-isterinya ber-i’tikaf.” (HR. Mutafaq’alaih).
  7. Memperbanyak Berdo’a, “Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang-orang yang mendo’a apabila berdo’a kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka selalu dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah : 186).

Semoga bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.