Kiat Sukses di Bulan Ramadhan

Posted on August 27th, 2008 in IslaMy by taufiq

Kurang beberapa hari lagi kita akan ditemukan dengan satu bulan yang penuh tantangan, penuh ampunan, dan penuh dengan pahala berlipat bagi siapa saja yang dapat memanfaatkan berkah di bulan ini.

Ada beberapa kiat yang insya’ Allah dapat membantu kesuksesan kita dalam menggapai berkah Ramadhan :

  1. Luruskan niat, adalah amalan hati dan tak seorangpun dapat mengetahui secara pasti, kecuali Allah swt dan diri sendiri. Berniatlah untuk memotivasi diri untuk berbuat sesuatu yang dapat meningkatkan nilai sebuah amal dan perbuatan kita. “Banyak orang berpuasa tetapi tidak mendapat bagian apapun dari puasanya, melainkan lapar dan dahaga” (HR. Nasa’i dan Ibnu Majah).
  2. Buatlah target dan rencana program Ramadhan, manfaatkan momen Ramadhan untuk meningkatkan amaliah kita, baik secara kuantitas maupun kualitas, sehingga perlu target-target agar Ramadhan kali ini lebih baik di sisi Allah swt. Susunlah program prioritas untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang selama ini dan pernah kita lakukan.
  3. Bekali diri dengan ilmu, perbanyak mencari sumber-sumber referensi dengan membaca atau mendengarkan taushiyah pencerahan tentang hal-hal amaliah atau ibadah sunnah apa saja yang sangat besar pahalanya di bulan ini.
  4. Carilah lingkungan yang mendukung, pandai-pandailah dalam menempa dan menempatkan diri dengan mencari lingkungan yang mendukung agar tujuan Ramadhan kita tetap terjaga dan terhindar dari pengaruh kotor oleh pengaruh hal-hal yang dapat membatalkan ibadah Ramadhan kita. Perbanyak i’tikaf di masjid, hadiri majelis ta’lim, dll.
  5. Lakukan muhasabah setiap hari, introspeksi dan evaluasi diri terhadap apa yang telah kita lakukan sedari awal perencanaan bahwa apakah telah sesuai dengan target yang kita harapkan. Kalau ternyata masih jauh, maka beristighfarlah kepada Allah swt dan berdoalah memohon ampun kepada-Nya agar diberikan kekuatan. Jika telah tercapai target yang kita harapkan, segera bersyukurlah kepada Allah swt, sebab semua itu adalah semata-mata atas karunia dan hidayah-Nya.
  6. Perbanyak ibadah sunnah dan kurangi aktivitas duniawi, bahwa menjelang datangnya Ramadhan berubahlah rona muka Rasulullah saw. Beliau akan menambah jumlah rakaat shalat (sunnah) nya, dan beliau akan bertambah tawadu’ (merendah diri) dalam do’a-do’anya, serta beliau lebih menampakkan rasa takutnya kepada Allah swt (diriwayatkan Aisyah r.a).

Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi diri kita agar benar-benar dapat memanfaatkan momen Ramadhan tahun ini, mumpung diri kita masih diberi kesempatan dan dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.