Perpustakaan Buka Kursus ‘Games Design’

Posted on August 11th, 2008 in PerpusMania by taufiq

Perpustakaan tidak selalu identik dengan buku semata, kini bahkan telah ada yang mulai membuka pelatihan kelas membuat game bagi anak-anak. Kelas ini ditujukan agar melahirkan calon pengganti desainer game tersohor Nintendo, Shigeru Miyamoto.

Upaya itu dilakukan oleh Perpustakaan Pusat … di Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat. Sebuah ‘kursus’ singkat membuat game disediakan di gedung perpustakaan utama Charlotte maupun di gedung ImaginOn: The Joe & Joan Martin Center.

The Charlotte Observer, dari ArsTechnica, menyebutkan bahwa kelas perpustakaan tersebut segera penuh oleh peminat tak lama setelah pembukaan. Kursus empat hari ini dibuka untuk para pelajar antara umur 8 sampai 18 tahun.

Setiap kelas yang terdiri dari enam orang itu akan mengembangkan game dua dimensi ala Super Mario Bros di masa 8-bit. Bagi peserta yang berbakat terdapat kesempatan untuk magang.

Game ini memang tidak mengajarkan kode-kode penyusun sebuah game. Dengan piranti lunak khusus, peserta bisa membuat game cukup dengan menempatkan gambar-gambar dan mengatur parameter yang dibutuhkan.

Peserta juga akan diajarkan dasar-dasar perancangan game, termasuk bagaimana keputusan sederhana seperti menentukan seberapa tinggi lompatan karakter bisa membantu membuat sebuah game menjadi lebih menarik atau lebih sulit.

Diharapkan kursus semacam ini akan memberikan inspirasi pada pesertanya. Sehingga mereka punya semangat lebih jika suatu hari hendak mengejar karir di bidang pengembangan game dengan banyak membaca literatur dan referensi bidang itu di perpustakaan tentunya.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.