Waspada MP3 Bervirus !

Posted on June 30th, 2008 in KompuTips by taufiq

Lagi, virus lokal baru kembali berulah. Virus ini menyamar sebagai icon Winamp dengan nama file memakai judul lagu, virus ini menitipkan pesan arogansi si pembuat virus. Keterangan resmi Vaksincom melansir, virus tersebut terdeteksi sebagai Worm: W32/VBWorm.PXJ. Waspadalah jika di komputer Anda muncul pesan aneh yang berbunyi seperti ini: “Bagi yang merasa gila hubungi SpongeBob Squerpant…. :-P”

Pesan itu akan muncul sebelum login ke Windows. Ini adalah salah satu ciri khas virus ini. Ciri lainnya, akan muncul pesan error setiap kali korban membuka file/aplikasi Microsoft Office, korban diminta untuk menginstal ulang Office.

W32/VBWorm.PXJ dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Virus berukuran 69 KB dan berekstensi .exe ini menggunakan icon Winamp untuk mengelabui korban. Nama filenya menggunakan judul lagu, agar korban tak tahu bahwa file itu adalah virus. Nama file yang digunakan antara lain: klip_Rossa, klip_Peterpan_Menghapus_jejakmu atau R@dja-Patah hati.

Jika terinfeksi, VBWorm.PXJ akan membuat file bernama “VM-Satria F150.htm” di setiap root Drive dan jika file tersebut dijalankan maka akan muncul pesan sebagai berikut:

Buka mata… buka telinga asal jangan buka celana…
Kenapa harus membenci ilmu pengetahuan???
Aku tidak jahat, kejahatan ku karena aku menuangkan
ilmu dalam bentuk program alias aku lebih pintar dari
pada kalian… Umurku baru 6 tahun lo..

Selain memblok fungsi Windows, VBWorm.PXJ juga mencoba mematikan beberapa aplikasi Windows lainnya seperti Windows Media Player, Microsoft Visual Basic, Media Player Classic, Group Policies dan Microsoft Office.

Maka mulai kini berhati-hatilah setiap kali ingin memindahkan atau mengunduh file MP3.

Post a comment

You must be logged in to post a comment.