Sabar

Posted on May 9th, 2008 in Syi'ar Jum'ah by taufiq

Ali Imran_200 ”Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu, dan kuatkanlah kesabaranmu, dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu), dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung”. (QS. Ali Imran : 200) 

Demikian Alloh swt. telah memerintahkan kepada kita supaya hidup dengan penuh kesabaran walau bagaimanapun keadaan yang menimpa di negeri ini. Negeri kita adalah negeri yang kaya raya dengan hasil alam berlimpah ruah. Tapi mengapa keadaan kita kini koq serba sulit ?, Mitan harus antre, Migor pakai kupon, BBM pun dari tahun ke tahun selalu naik harga, sehingga seakan tak ada lagi harapan bagi kita untuk ‘menikmati’ hasil alam yang berlimpah itu secara murah.

al-baqarah_153.gif

Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah : 153)

 

Sebelum melakukan sesuatu hendaklah kita selalu mempertimbangkannya secara matang dan tidak dalam keadaan terburu-buru.  Begitu juga dalam kehidupan ini, sering kita bertindak tergesa-gesa. Akhirnya kita menyesal atas ketergesa-gesaan itu. Sayangnya, walau sering menyesal, kita jarang belajar dan berlatih untuk memperbaiki diri. Untuk itulah dengan kesabaran, insya’ Alloh, kita akan senantiasa dapat hidup seperti yang kita inginkan. 

Hati yang sering berdzikir dan sholat, akan sangat peka terhadap bimbingan Alloh, insya’ Alloh dia akan dapat bersabar dalam segala hal. Innalloha ma’asshobirin, Alloh hanya selalu bersama dengan orang-orang yang sabar. Dan sabar itu hanya ada pada orang-orang yang beriman.

 

Post a comment

You must be logged in to post a comment.