Perlukah Perpustakaan ?

Posted on May 2nd, 2008 in PerpusMania by taufiq

Saya teringat dengan beberapa orang teman yang rata-rata kesimpulan pertanyaannya sama, “Apakah suatu perpustakaan itu memerlukan ruangan yang luas (satu gedung yang besar) ?”.

Sebelum menjawab perlu atau tidak, saya perlu memaparkan apakah perpustakaan itu ?. Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku (non book material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya (library users).

Dari paragraf diatas saja sudah tampak, bahwa perpustakaan memerlukan space dasar, yaitu ruang untuk pengelolaan koleksinya, belum termasuk ruang penyajian koleksi (rak), transaksi sirkulasi, hingga ruang baca users.

Ada beberapa faktor bahwa suatu perpustakaan diminati oleh users atau tidak, diantaranya adalah koleksi, pelayanan, sarana pendukung, dan kenyamanan yang berpuncak pada sebuah kepuasan. Kepuasan adalah relatif. Jadi besar atau kecil sebuah perpustakaan itu juga relatif, tergantung sejauh mana target yang akan digapai oleh perpustakaan itu sendiri terhadap kuantitas usersnya.

Apakah perpustakaan itu cukup suatu ruang kecil, yang bersarana lengkap, nyaman tapi uyel-uyelan ?, atau besar tapi terkesan gak ada perhatian ?. Ada banyak pilihan yang bisa kita tentukan disini tentang seperti apakah perpustakaan yang akan kita buat nantinya ?, itu semua bergantung pada kemauan dan keseriusan kita bersama.

Paling prinsip adalah bahwa sebaiknya perpustakaan didesain pula untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakat (reading society) dan media belajar bagi masyarakat (learning society), tak sebatas users dalam lingkaran lingkungan tertentu saja, atau jangan hanya terbatas untuk satu kampus saja, lebih luas lebih baik, karena cakupan bidang ilmunya akan lebih bervariasi.

Unair adalah sebuah perguruan tinggi besar, mengapa cuma memiliki perpustakaan yang kecil ? atau mengapa perpustakaan di Unair harus besar dan luas ?, itu semua relatif. Unair Kampus C misalnya, mengapa hanya disediakan ruang perpustakaan tidak seluas gedungnya ? sedangkan di Kampus C ada beberapa fakultas, yaitu FKH, FMIPA, FKM, dan beberapa lembaga serta unit-unit lain di dalamnya termasuk rektorat. Bisakah semua users dan kebutuhan usersnya tertampung ?. Tertampung sih memang tertampung, tapi apakah mereka terpuaskan ?

Relatif itulah jawaban yang pas. Relatif sejauh mana memandang seorang pemegang keputusan terhadap perpustakaan, bahwa perpustakaan butuh ruang luas, bahwa users butuh perpustakaan, bahwa perpustakaan perlu dilengkapi sarananya, bahwa perpustakaan perlu kenyamanan.

Perpustakaan identik intelektualitas dalam suatu perguruan tinggi. Mengapa ?, karena tidak sedikit tamu yang berkunjung ke suatu lembaga pendidikan atau perguruan tinggi, mesti menyempatkan diri untuk berkunjung ke perpustakaannya. Apakah kita tidak ada keinginan kesan oleh users seperti ini : “Perpustakaannya saja bagus dan memuaskan … apalagi kalau berkunjung ke tempat lainnya ?”

Bagaimana pendapat Anda ?

One Response to 'Perlukah Perpustakaan ?'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Perlukah Perpustakaan ?'.

  1. hook hook said,

    on May 5th, 2008 at 1:48 pm

    Nah lo…! Jadinya, gimana nih, perlukah perpus itu ?
    Meski kepuasan relatif, tapi tetap saja bisa diukur :)

Post a comment

You must be logged in to post a comment.