Peduli Perpustakaan

Posted on April 30th, 2008 in PerpusMania by taufiq

Sesungguhnya ada beberapa tipe sikap orang terhadap Perpustakaan. Bila kita cermati tipe orang-orang itu antara lain sebagai berikut :

1. Dia tahu dan peduli terhadap perpustakaan, tipe orang demikian inilah yang bisa dibilang care terhadap diri sendiri dan generasi penerus. Mengapa ?, dengan tahu dan kepedulian dia terhadap semua komponen yang ada di perpustakaan, khususnya koleksi, selain ilmu yang dia dapatkan dari membaca di perpustakaan, dia (pasti) akan menularkan ilmunya itu kepada generasi selanjutnya. Dengan begitu dia termasuk sudah melestarikan adanya perpustakaan dan memanfaatkannya untuk kepentingan bersama. Tipe orang inilah yang tahu, bahwa dari perpustakaanlah bisa dihasilkan orang-orang berkualitas.

2. Dia tahu dan tidak peduli terhadap perpustakaan, tipe orang ini yang bisa dibilang antipati terhadap perpustakaan. Dia sudah mengetahui bahwa ada perpustakaan di sekitarnya dan perpustakaan itu sendiri banyak yang menggunakan, tetapi masih perlu penataan ulang dengan tujuan agar users perpustakaan lebih merasa nyaman dan akan lebih banyak lagi yang datang mengunjunginya. Tetapi dia tidak mau tahu dengan apapun kondisi dan situasi perpustakaan. Perpustakaan ? .. “Emang Gue Pikirin“ telah tertanam dalam dirinya.

3. Dia tidak tahu dan tidak peduli terhadap perpustakaan, tipe orang ini boleh dikata belum pernah, bahkan dia tak tahu kalau ada perpustakaan di sekitarnya. Pun ada banyak kemungkinan bila dia tahu kalau di dekatnya ada perpustakaan, dia akan menggunakannya ataupun justru sebaliknya seperti beberapa tipe orang di atas.

4. Dia tidak tahu tapi peduli perpustakaan, tipe orang inilah yang bisa disebut sebagai kolega-nya para pengelola perpustakaan. Sebab dari dialah perpustakaan bisa mendapatkan improvement support, baik secara material maupun non-material. Dia tidak tahu perpustakaan itu seperti apa, baik lokasi maupun ilmu perpustakaan itu sendiri, namun dia sangat mendukung dan sangat ingin membantu pengembangan perpustakaan.

 perpus-b-2.jpgNah, tergolong tipe orang yang manakah Anda ?

Post a comment

You must be logged in to post a comment.